Upaya Memajukan Sektor Kelautan Dan Perikanan Terus Dilakukan Oleh Pemprov Babel

0
20

Suararonggolawe.com –  Upaya memajukan sektor kelautan dan perikanan terus dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov. Babel). Diantaranya dengan terus bersinergi dengan Balai Perikanan milik Kementerian Kelautan dan Perikanan yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas komoditas produk perikanan Babel.

Seperti yang dilakukan pekan ini, Tim dari Balai Besar Perikanan Budidaya Laut (BBPBL) Lampung dan Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Situbondo secara khusus mengunjungi Babel untuk memberikan pembinaan teknis kepada kelompok pembudidaya.

Disamping pembinaan teknis, BBPBL Lampung juga memberikan sejumlah bantuan berupa bibit rumput laut, benih kerapu, kakap, pakan air tawar dan pakan udang vaname untuk kelompok pembudidaya yang ada di Babel.

Sekretaris DKP Babel, Arief Febrianto menerangkan Pemprov Babel melalui Dinas Kelautan dan Perikanan selalu memberikan perhatian khusus dalam hal memfasilitasi kelompok budidaya untuk terafiliasi dengan Balai Besar Perikanan KKP.

“Dalam hal ini gubernur sangat concern memberikan fasilitasi agar para pembudidaya kita meningkat wawasan teknisnya tentang teknologi budidaya terbaru,” ujar Arief saat mendampingi kunjungan Balai Perikanan KKP di Kantor Desa Pusuk, Bangka Barat, Senin (28/09/2021).

Ia menambahkan kunjungan dua Balai Perikanan KKP ini sebagai tindak lanjut pertemuan Gubernur Erzaldi ke Situbondo beberapa waktu lalu, maka dalam kesempatan tersebut ia berharap kepada kelompok pembudidaya yang hadir untuk memanfaatkan kesempatan berkonsultasi dengan tim teknis Balai Besar Perikanan yang hadir.

Pada kesempatan itu, Perekayasa Madya BPBAP Situbondo, Dwi Soeharmanto memandang sumber daya alam Babel sangat potensial untuk melakukan kegiatan perikanan budidaya.

“Lautnya bagus, potensial untuk menjadi sentra perikanan, inilah pentingnya bersinergi sehingga sumber daya yang ada bisa dikelola dengan saling bertukar wawasan dan tekhnologi,” ujar Dwi.

Ia juga menyatakan siap membantu memberikan bimbingan teknis apabila ada pembudidaya yang ingin berkonsultasi terkait teknis budidaya udang vaname, rumput laut atau budidaya komoditas payau lainnya.

Pewarta : Rusrianto / Red / SR

Tinggalkan Balasan