Selama Pelaksanaan PPKM Darurat 3 – 20 Juli, Jl Malioboro Tidak Akan Ditutup

SUARA RONGGOLAWE YOGYAKARTA – Sebagai destinasi wisata, Jl Malioboro, Yogyakarta dikenal sebagai jujugan pelancong.

Sepanjang jalan ini, di sisi kanan dan kiri, berderet toko beraneka ragam.
Begitu pula ratusan PKL yang menjajakan beraneka produk dam kuliner.

Selama pelaksanaan PPKM Darurat 3-20 Juli, Jl Malioboro tidak akan ditutup.

Hanya saja, Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menerapkan pembatasan terkait kegiatan ekonomi di kawasan Malioboro.

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, para pemilik toko, maupun pedagang kaki lima (PKL) harus menyesuaikan aturan.

Tetapi, ia memastikan, penutupan kawasan Malioboro secara penuh, tidak jadi pilihan.

“Malioboro, kalau jalannya, ya tidak akan kita tutup. Tapi, pertokoan, PKL, dan segala macam itu, harus patuh kepada ketentuan yang telah ada,” jelasnya, Jumat (3/7/2021).

Dipaparkannya, toko dan PKL yang menjual komoditi non kebutuhan sehari-hari dipastikan harus tutup sepanjang 17 hari ke depan.

Sehingga, dapat dipastikan, sebagian besar pemilik lapak di Malioboro, bakal berhenti operasi.

“Termasuk PKL dan toko oleh-oleh, atau baju, tentu tutup. Kemudian, (kuliner) yang memenuhi persyaratan daring, masih boleh buka, tapi tidak boleh makan di tempat. Ini untuk seluruhnya, ya, dimanapun itu,” ungkapnya.

“Kami koordinasikan juga dengan Polresta, dan Kodim, mengenai pelaksanaannya mulai Sabtu, supaya semuanya mematuhi ketentuan PPKM Darurat,” lanjut Heroe.

Berdasar hasil rakor dengan Gubernur DIY, yang dihadiri jajaran Polda, Korem, serta Kejati, Jumat (3/7/2021), terdapat beberapa aturan yang bisa diterapkan guna menjerat para pelanggar ketentuan pelaksanaan PPKM Darurat.

“Mulai dari KUHP, UU Kedaruratan, hingga aturan-aturan tentang PPKM di masa pandemi. Banyak aturan yang bisa dipakai untuk menindak. Sanksinya, mulai dari teguran, sampai penutupan dan denda,” pungkasnya.

Jurnalis : Budiyono / SR

SuaraRonggolawe.com

AGUS PURNAMA Pimred Suararonggolawe.com PT.DJAYA MANDIRI PLOES SK MENKUMHAM AHU – 0069.9350.AH.01.01.TH.2020. Jln cicem Lama Perempatan Desa Ngadipuro Kec.Widang Kab.Tuban JATIM INDONESIA PASANG IKLAN HP / WA 081252294464 085608677566

Tinggalkan Balasan