Sejarah Dan Latar Belakang Hari Bakti TNI AU

SUARARONGGOLAWE.COM – Jajaran TNI Angkatan Udara hari ini (29/7) memperingati Hari Bakti TNI AU yang dilatar belakangi dua peristiwa bersejarah yang terjadi pada hari yang sama.

29 Juli 1947 pagi tiga orang Kadet Penerbang TNI Angkatan Udara dengan menggunakan pesawat Cureng dan pesawat Guntei, Kadet Mulyono, Kadet Suharnoko Harbani dan Kadet Sutarjo Sigit berhasil melakukan pengeboman terhadap target kubu pertahanan Belanda di kota Semarang, Salatiga dan Ambarawa.

Peristiwa kedua di 29 Juli 1947 adalah jatuhnya pesawat Dakota VT-CLA milik Singapura yang disewa oleh Pemerintah Indonesia untuk membawa bantuan obat-obatan dari Palang Merah Malaya dan ditembak oleh pesawat Kittyhawk Belanda serta mengakibatkan pesawat Dakota VT-CLA jatuh dan mengakibatkan gugurnya tiga perintis TNI Angkatan Udara yakni Marsda TNI (Anumerta) Agustinus Adisucipto, Marsda TNI (Anumerta) Prof Dr Abdulrachman Saleh dan Opsir Muda Udara (Anumerta) Adisumarmo Wiryokusumo di Dsn Pandeyan Kalurahan Bangunharjo Kapanewon Sewon Kabupaten Bantul.

Untuk mengenang jasa dan pengorbanan tiga Pahlawan Perintis TNI Angkatan Udara maka dibangunlah sebuah Monumen di lokasi jatuhnya pesawat Dakota VT-CLA dan diresmikan pada 1 Maret 1948 dengan diberikan nama Monumen Ngoto.

Berdasarkan Skep Kasau No SKEP/78/7/2000, Tanggal 17 Juli 2000 Monumen Ngoto diubah namanya menjadi Monumen Perjuangan TNI AU dengan harapan para prajurit TNI AU dapat meneladani semangat juang, semangat berbakti, pengorbanan dan kepahlawan tiga perintis TNI Angkatan Udara yang gugur bersama jatuhnya pesawat Dakota VT-CLA.

Di era Kasau Marsekal TNI Hanafie Asnan Monumen Perjuangan TNI AU di perluas areanya menjadi 9.473 m3 dengan dilengkapi pembangunan lapangan upacara, pembangunan area pemakaman, pembangunan kantor, fasilitas umum, renovasi tugu dan pembangunan relief.

28 Juli 2006 Monumen Perjuangan TNI AU dilengkapi dengan replika ekor pesawat Dakota VT-CLA untuk semakin melengkapi visualisasi peristiwa bersejarah pada 29 Juli 1947 yang peresmiannya dilakukan oleh Kasau Marsekal TNI Herman Prayitno.

Selamat Memperingati Hari Bakti TNI AU 2021 “Dilandasi Dengan Semangat Kepahlawanan 29 Juli 1947 TNI Angkatan Udara Siap Mendukung Percepatan Penanganan Covid 19 Menuju Tatanan Baru Untuk Indonesia Maju”.

JURNALIS : BUDIYONO / RED SR

SuaraRonggolawe.com

AGUS PURNAMA Pimred Suararonggolawe.com PT.DJAYA MANDIRI PLOES SK MENKUMHAM AHU – 0069.9350.AH.01.01.TH.2020. Jln cicem Lama Perempatan Desa Ngadipuro Kec.Widang Kab.Tuban JATIM INDONESIA PASANG IKLAN HP / WA 081252294464 085608677566

Tinggalkan Balasan