Pemkab Tuban Meniadakan Kegiatan Malam Takbir Keliling 2021.

Suararonggolawe.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban meniadakan kegiatan malam takbir keliling dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada Kamis (13/5/2021).

Peniadaan takbir keliling itu sesuai dengan surat yang ditandatangani Sekda Tuban, Budi Wiyana tertanggal 10 Mei 2021.

Kepala Dinas Komunikasi dan informatika (Kominfo) Kabupaten Tuban, Arif Handoyo mengatakan, tujuan peniadaan kegiatan takbir keliling adalah untuk mengantisipasi keramaian di masa pandemi covid-19.

Sehingga takbir dilakukan secara terbatas di masjid atau musala maksimal 10 persen dari kapasitas tempat, dengan menerapkan protokol kesehatan yaitu cuci tangan, jaga jarak dan pakai masker.

“Ini bertujuan untuk pengendalian laju penyebaran covid-19. Bahkan takbir bisa virtual, masjid atau musala menyediakan perangkatnya dengan tetap menjaga ketentraman,” ujarnya dikonfirmasi, Rabu (12/5/2021).

Arif menjelaskan, salat Idul Fitri juga diatur pelaksanaannya berlaku ketentuan zona penyebaran covid-19.

Untuk zona merah, salat Idul Fitri dilakukan di rumah masing-masing sebagaimana fatwa MUI.

Zona orange, jemaah Idul Fitri yang hadir tidak boleh melebihi dari 15 persen kapasitas tempat.

Sedangkan zona kuning dan hijau, jemaah yang hadir tidak boleh melebihi 50 persen kapasitas tempat.

Pelaksanaan salat Id juga bisa memaksimalkan jumlah masjid, musala ataupun lapangan yang ada di masing-masing zona.

“Untuk zona orange, kuning dan hijau, agar panitia tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes), jemaah juga cuci tangan, pakai masker dan memperhatikan jarak yang aman untuk mencegah penyebaran covid-19,” pungkasnya.

Jurnalis : Agus P

SuaraRonggolawe.com

AGUS PURNAMA Pimred Suararonggolawe.com PT.DJAYA MANDIRI PLOES SK MENKUMHAM AHU – 0069.9350.AH.01.01.TH.2020. Jln cicem Lama Perempatan Desa Ngadipuro Kec.Widang Kab.Tuban JATIM INDONESIA PASANG IKLAN HP / WA 081252294464 085608677566

Tinggalkan Balasan