Pemdes Patihan Antusias Sigap Penangulangan Covid-19 Di Warganya.

SUARARONGGOLAWE.COM – Kepala Desa Patihan Kecamatan Widang Kabupaten Tuban ( Sumardi ) Antusias Penangulangan Wabah Civid -19 Melalui amanah dari undang-undang sebagaimana diatur dalam Pasal 72 Ayat 2 UU Nomor 6 Tahun 2014.

Dalam rangka menindaklanjuti arahan Presiden terkait dengan prioritas penggunaan dana desa untuk memperkuat sendi-sendi ekonomi melalui Padat Karya Tunai Desa (PKTD), dan penguatan kesehatan masyarakat melalui upaya pencegahan dan penanganan COVID-19.

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia menerbitkan Surat Edaran Nomor 8 Tahun 2020 Tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa. Adapun Ruang lingkup Surat Edaran ini meliputi (1) Penegasan PKTD, (2) Desa Tanggap COVID-19; dan (3) Penjelasan perubahan APBDes.

Setelah World Health Organization (WHO) menetapkan virus Corona atau Covid-19 sebagai pandemi, karena telah menyebar ke lebih dari 200 negara di dunia.

Akhir-akhir ini kita disuguhkan data peningkatan kasus Covid-19 di Indonesia baik jumah pasien terkonfirmasi positif dan jumlah pasien yang meninggal dunia.

Data ini cukup memprihatinkan namun Pemerintah senantiasa berupaya untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Mengurangi dampak sosial dan ekonomi masyarakat serta terhambatnya pembangunan desa akibat pandemi (COVID-19) perlu melakukan adaptasi kebiasaaan baru.

Menghadapi ancaman yang membahayakan sistem perekonomian  sistem keuangan untuk penanganan pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) termasuk didalamnya dana desa.

Dalam kesempatan ini Sumardi Selaku Kepala Desa Patihan Kecamatan Widang  meminta pemerintah desa perlu melakukan persiapan penganggaran penggunaan dana desa sebesar minimal 8 persen untuk penanganan COVID-19.

Yang Di Peruntukan anggaran tersebut dapat digunakan untuk membeli logistik kesehatan seperti pembelian masker, Atribut Pemandian Jenazah Covid 19 dan pengadaan hand sanitizer,Sabun maupun operasional penyemprotan disinfektan Dan Laen Laen.

Yang Nantiya Akan Di Bagikan Untuk Warga Desa Setempat Sehingga Bisa Di gunakan Untuk Sebagai mana mestiya di Musim Pademi”,Pungkas Sumardi.

Jurnalis : Redaksi SR

SuaraRonggolawe.com

AGUS PURNAMA Pimred Suararonggolawe.com PT.DJAYA MANDIRI PLOES SK MENKUMHAM AHU – 0069.9350.AH.01.01.TH.2020. Jln cicem Lama Perempatan Desa Ngadipuro Kec.Widang Kab.Tuban JATIM INDONESIA PASANG IKLAN HP / WA 081252294464 085608677566

Tinggalkan Balasan