Pemdes Ngino, Kecamatan Semanding Tuban menggelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM

Suararonggolawe.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Ngino, Kecamatan Semanding menggelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM bagi Lansia Produktif, di Aula Sendang Asmoro, Sabtu (12/06).

Pelatihan kali ini merupakan salah satu bentuk pemanfaatan dari bahan-bahan yang sudah ada di desa setempat, terutama limbah pohon pisang yang cukup banyak dan sangat mudah ditemukan.

Para peserta sengaja diambil dari para Lansia agar mereka lebih optimis menjalani hidup, dari yang selama ini selalu merasa tidak dibutuhkan dan akhirnya termarjinalkan.

Kepala Desa Ngino, Kecamatan Semanding, Wawan Hariyadi, saat dikonfirmasi mengatakan, tujuan utama dari kegiatan tersebut adalah untuk memberikan ruang bagi kaum Lansia untuk bisa berkreativitas meski sudah tua.

“Pemdes Ngino, Kecamatan Semanding akan menjadikan kegiatan pelatihan, untuk bisa menjadi sebuah proyek percontohan yang dilanjutkan dengan bahan baku lain,’’ ujarnya.

Menurut Hariyadi, bahan-bahan yang ada di Desa Ngino sangat melimpah, dan sangat disayangkan jika harus dijual dalam bentuk mentah, dengan harga jual yang juga masih rendah.

“Karena itu perlu ditingkatkan nilai jualnya melalui pelatihan-pelatihan. Selanjunta juga akan dikembangkan dari bahan lain dalam bentuk yang berbeda pula,’’ terangnya.

Sementara ini, lanjut Hariyadi, yang akan dikembangkan adalah bahan baku dari gedebok atau limbah pohon pisang. Pihaknya juga akan bekerja sama dengan pihak ketiga untuk membantu pemasarannya.

“Selain itu juga akan menyediakan satu tempat khusus di lokasi wisata Sendang Asmoro, untuk menjadi pusat oleh-oleh dari hasil kerajinan yang buat oleh warga setempat,’’ pungkasnya.

Jurnalis : Budiyono / Asep

SuaraRonggolawe.com

AGUS PURNAMA Pimred Suararonggolawe.com PT.DJAYA MANDIRI PLOES SK MENKUMHAM AHU – 0069.9350.AH.01.01.TH.2020. Jln cicem Lama Perempatan Desa Ngadipuro Kec.Widang Kab.Tuban JATIM INDONESIA PASANG IKLAN HP / WA 081252294464 085608677566

Tinggalkan Balasan