Musim Pademi Covid – 19 Tiba Diduga Mebel Tak Berizin Membuat Kebisingan Dan Polusi Debu Bertebaran

SUARARONGGOLAWE.COM – lingkungan hunian jln cicem lama dusun Prapatan Ds.Ngadipuro Kecamatan Widang kabupaten Tuban.DI Penuhi Debu Bercampur Kebisingan Mesin Dompleng Pemotong Kayu.

Persis di bagian belakang rumah saya terdapat tempat usaha Diesel Pemotong Kayu ( Mebel ) pemilik Mantan Pamong ( Bayan ) Yang Pernah terkena korupsi Pembangunan Masjid Yang terletak di Dusun Nguleg Desa Ngadipuro kecamatan Widang kabupaten Tuban.

Dengan aktivitas hariannya yang nyaris setiap Pagi bunyi jam 06.00 Pagi Sampai Selesai Palagi saat setay At home ( Neng Omah wae ) membelah kayu debu Kamper berterbangan dan suara keras disel Pemotong Membuat Bising Telingga Warga Setempat.

Salah Satunya Ag dijalan Cicem Lama desa Ngadipuro Dusun Prapatan yang Selalu bising dengan Adaya usaha tersebut , saat meyalakan diesel ya ,dan suara kencang Beserta Debu Berterbangan.

jam itu selalu menimbulkan suara bising yang sangat mengganggu Seringkali kegiatan Diesel Pemotong Kayu itu berlangsung hingga Usai.

Teguran secara lisan sudah beberapa kali saya sampaikan kepada pemilik usaha Malah pemilik Tidak Bersikap Baik,Namun Tetapi Malah Yang Ada Bahkan Tidak Mengajak Tegur Sapa Dengan Ag Dan Sesampai Berita Terbit.

Kebisingan mereda hanya untuk beberapa saat Namun Pada Jam Jam Tertentu Masih Saja Di Operasikan.

1. Adakah UU / Perda yang menjamin kenyamanan warganya yang tinggal di lingkungan hunian? …

2. Bagaimana status hukum tempat usaha tersebut di atas,apa bila ia berdiri dalam Legal yang tidak jelas termasuk membuat kebisingan lingkungan hunian Warga ? …

Pasal 49 ayat (1) UU Perumahan:

“Pemanfaatan rumah dapat digunakan sebagai kegiatan usaha secara terbatas tanpa membahayakan dan tidak mengganggu fungsi hunian Warga.

Yang dimaksud dengan kegiatan yang tidak mengganggu fungsi hunian adalah :

kegiatan yang tidak menimbulkan penurunan kenyamanan hunian dari penciuman, suara, suhu / asap, sampah yang ditimbulkan dan sosial, sebagaimana dimaksud.

Selanjutnya, berdasarkan Pasal 49 ayat (2) UU Perumahan, pemanfaatan rumah selain digunakan untuk fungsi hunian harus memastikan lingkungan hunian.

Mengacu pada pasal-pasal tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa selama tidak mengganggu kenyamanan lingkungan hunian, maka suatu rumah dapat digunakan sebagai tempat usaha.

Adapun, perlu diperhatikan apakah rumah yang dijadikan tempat usaha tersebut telah sesuai dengan izin pemanfaatan ruang sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang dan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Tempat Usaha yang dalam hal ini adalah Izin Mendirikan Bangunan, untuk memastikan bahwa pemanfaatan bangunan tempat tersebut telah sesuai dengan fungsi peruntukan sebagaimana yang tercantum dalam Izin Mendirikan Bangunan tempat atas rumah tersebut.

Selain itu, salah satu syarat suatu tempat usaha untuk melaksanakan kegiatan usahanya adalah mendapatkan surat izin gangguan.

Surat izin gangguan (“Izin HO”) adalah surat keterangan yang menyatakan tidak adanya keberatan dan gangguan atas lokasi usaha yang dijalankan oleh suatu kegiatan usaha di suatu tempat.

Di dalam Pasal 19 ayat (3) Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 27 Tahun 2009 tentang Pedoman Penetapan Izin Gangguan di Daerah (“Permendagri 27/2009”) dijelaskan bahwa selama waktu penyelenggaraan Izin HO,masyarakat berhak mendapatkan akses partisipasi yang meliputi pengajuan pengaduan atas keberatan atau pelanggaran perizinan dan/atau kerugian akibat kegiatan dan/atau usaha.

Selanjutnya, dalam Pasal 19 ayat (5) Permendagri 27/2009 dijelaskan bahwa pengaduan hanya diterima jika berdasarkan pada fakta atas ada atau tidaknya gangguan yang ditimbulkan kegiatan usaha.

Upaya hukum yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan pengaduan kepada pemerintahan daerah setempat, untuk menyampaikan terdapatnya gangguan yang dilakukan atas kegiatan usaha Mebel Kayu tak berizin tersebut.

JURNALIS : REDAKSI SR

SuaraRonggolawe.com

AGUS PURNAMA Pimred Suararonggolawe.com PT.DJAYA MANDIRI PLOES SK MENKUMHAM AHU – 0069.9350.AH.01.01.TH.2020. Jln cicem Lama Perempatan Desa Ngadipuro Kec.Widang Kab.Tuban JATIM INDONESIA PASANG IKLAN HP / WA 081252294464 085608677566

Tinggalkan Balasan