Meredanya Penularan Covid-19 Mulai Memberi Ruang Kepada Pemda Untuk Kembali Menggiatkan Pembangunan Di Sidoarjo

0
23

Suararonggolawe.com – Meredanya penularan Covid-19 mulai memberi ruang kepada pemda untuk kembali menggiatkan pembangunan. Selain sibuk mengerjakan pembebasan lahan dan pembangunan sebagian ruas jalan untuk frontage road, Pemkab Sidoarjo juga terus melakukan betonisasi alias pembangunan jalan beton di sejumlah titik.

Menurut Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (PUBMSDA), Sigit Setyawan, sedikitnya ada 32 ruas jalan yang dilakukan peningkatan statusnya. Yakni dari aspal menjadi beton.

“Sudah berjalan semua. Termasuk pembangunan sebagian jalan untuk frontage road di dekat Bundaran Aloha juga terus berjalan,” kata Sigit, Senin (27/9/2021).

Alokasi dana yang dikucurkan untuk betonisasi ini terbilang cukup besar. Pembangunan jalan di Sukolegok misalnya, alokasinya mencapai Rp 1,5 miliar. Kemudian peningkatan jalan lanjutan dari Kebonagung sampai Becirongegor bahkan mencapai Rp 7,5 miliar.

“Semuanya harus tuntas akhir tahun ini. Karena alokasi dana dalam pembangunan sejumlah ruas jalan itu masuk APBD tahun 2021 ini,” lanjut Sigit yang juga Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sidoarjo tersebut.

Tidak berhenti di sini, tahun depan direncanakan pembangunan jalan menggunakan beton alias betonisasi akan berlanjut. Pemda bakal mengutamakan jalan-jalan yang mudah rusak terlebih dulu dalam upaya betonisasi tersebut.

Terkait progress betonisasi tahun ini, Sigit mengakui belum seberapa terlihat. Alasannya karena masih proses pembangunan tahap awal sehingga hasilnya juga belum bisa dirasakan oleh masyarakat.

Tetapi akhir tahun nanti, diyakini semua proyek selesai dan progressnya bisa terasa. Ditambah tahun berikutnya, berarti bakal semakin banyak jalan yang dibeton di Sidoarjo. “Iya, betonisasi itu masuk program pemerintah dalam upaya peningkatan kualitas jalan di Sidoarjo,” imbuhnya.

Diakuinya, proses betonisasi juga ada beberapa kendala. Termasuk tentang kontraktor dan sebagainya. Seperti dalam pengerjaan proyek betonisasi di Kecamatan Taman, Pemkab Sidoarjo sampai memutus dan mengganti kontraktor baru dalam pengerjaannya.

“Pemutusan kontrak itu sudah sesuai regulasi yang ada. Dan sekarang sudah berjalan lagi proyeknya, sudah ada kontraktor baru yang mengerjakan di sana,” tegasnya.

Pewarta : Dani / Red / SR

Tinggalkan Balasan