Ketua IMO Riau Apresiasi Dan Berharap Anggaran Media Tidak Ada Anak Kandung Dan Anak Tiri

Suararonggolawe.com – Hemm, ternyata.ada dana publikasi media di Mako Polres Rokan Hulu (Rohul) selama ini !. sayangnya dana tersebut hanya Rp 20 Juta untuk tahun 2021. Apakah ada dana pada tahun sebelumnya ?. Opss. (Kita akan Konfirmasi Detailnya ya).

Dana Media tersebut terungkap pada acara Coffe Morning bersama Kapolres Rohul AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito, S.I.K bersama puluhan wartawan dari berbagai media dan organisasi yang biasa mengimput berita di daerah tersebut, pada hari Sabtu 14 Agustus 2021 belum lama ini.

Acara di Ruang Pertemuan Utama Markas Komando Polres Rohul yang berada di Jalan Lingkar KM 4, Desa Suka Maju, Kecamatan Rambah, dihadiri Kepala Bagian Operasi (Kabag OPS) Kompol John Firdaus, Kasat Binmas AKP Hermawan, Kasat Intelkam AKP Edi Sutomo, S.H, M.H, Kasat Narkoba AKP. Masjang Effendi, S.H, Paur Humas Ipda Refly Setiawan Harahap S.H.

Menjawab pertanyaan wartawan tentang Anggaran Publikasi Media di Polres Rohul, berdasarkan yang disampaikan Paur Humas Polres Rohul IPDA Refli sebesar Rp 20 Juta.

“Ya, untuk Tahun 2021 ada sebesar Rp 20juta Komandan. Seperti untuk membuat Video dan beberapa poin lainnya,” jelas IPDA Refli menjawab Kapolres AKBP Eko saat itu. Namun tidak semua disebutkannya dihadapan para wisatawan apa saja kegunaan dana publkasi media tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Ikatan Media Online (IMO) Provinsi Riau, Saudara Hondro berharap dibagi rata dengan tidak ada pilih kasih, ibarat jangalah ada anak kandung dan anak tiri, sedangkan yang dipublikasikankan hampir sama, pers Release yang diedit kembali baru di posting ke media, atau di buat dikoran yang kemudian dikonfirmasi dan di klarifikasi kebenarannya.

“Kita berharap, semua media di akomodir. Kan ada dananya Rp 20 Juta,” kata Saudara Hondro kepada wartawan Selasa, Tanggal 17 Agustus 2021, bertepatan pada Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke 76. Merdeka, Merdeka. Kita seluruh Masyarakat Indonesia sudah merdeka 76 Tahun,” ucapnya.

Ketua IMO Riau juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada Kapolres Rohul AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito yang menyampaikan pujian atas profesi wartawan, Profesi MULIA pada acara bersama wartawan itu.

“Secara pribadi saya mengapresiasi dan berterima kasih kepada Kapolres Rohul AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito,” ucap Saudara Hondro.

Lanjut Saudara Hondro, Wartawan atau jurnalis atau pewarta adalah seseorang yang melakukan kegiatan jurnalistik atau orang yang secara teratur menuliskan berita (berupa laporan) dan tulisannya dikirimkan/dibuat di media massa secara teratur.

Laporan ini lalu dapat dipublikasi dalam media massa, seperti koran, televisi, radio, majalah, film dokumentasi, dan internet atau media online saat ini. Wartawan mencari sumber mereka untuk ditulis dalam laporannya; dan mereka diharapkan untuk menulis laporan yang paling objektif dan tidak memiliki pandangan dari sudut tertentu untuk melayani masyarakat.

Dan ditambah dengan sudah diterbitkan Undang-undang nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). UU ini awalnya sempat berjudul RUU Kebebasan Mendapat Informasi Publik. Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik adalah salah satu program legislasi nasional Inisiatif Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sejak masa bakti 1999-2004. Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik dibahas sejak tahun 1999, setelah melewati proses.

Sehingga, kerja wartawan juga berdasarkan undang-undang nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. Undang-Undang Pers adalah undang-undang yang mengatur tentang prinsip, ketentuan dan hak-hak penyelenggara Pers di Indonesia. Undang-undang Pers disahkan di Jakarta pada 23 September 1999 oleh Presiden Indonesia almarhum Bacharuddin Jusuf Habibie dan Sekretaris Negara Muladi kala itu

“Kemudian wartawan mengedepankan Kode Etik Jurnalistik (KEJ), adalah himpunan etika profesi kewartawanan.[1] Wartawan selain dibatasi oleh ketentuan hukum, seperti Undang-Undang Pers Nomor 40 Tahun 1999, juga harus berpegang kepada kode Etik Jurnalistik.[2] Tujuannya adalah agar wartawan bertanggung jawab dalam menjalankan profesinya, yaitu mencari dan menyajikan informasi,” tutur Ketua IMO Riau.

Kemudian dikutip sambutan Presiden RI Ir. Joko Widodo pada acara Hari Pers Nasional (HPN) tahun lalu, masih Ketua IMO Riau, Presiden mengapresisasi Peran Pers sebagai pilar demokrasi keempat dan Peran Pers dalam pemerintahan sangat besar, baik dalam mewartakan agenda pemerintahan ataupun memberikan kritik kebijakan pemerintah.

“Tidak itu saja, sudah ada MoU antara Dewan Pers dengan Polri telah disepakati sejak Februari 2012. Dalam MoU itu disebutkan, penanganan perkara berkaitan dengan dunia Jurnalisme akan dilakukan oleh Dewan Pers mengacu pada kode Etik Jurnalisme yang berlaku.”pungkasnya

Pewarta : Red / SR

SuaraRonggolawe.com

AGUS PURNAMA Pimred Suararonggolawe.com PT.DJAYA MANDIRI PLOES SK MENKUMHAM AHU – 0069.9350.AH.01.01.TH.2020. Jln cicem Lama Perempatan Desa Ngadipuro Kec.Widang Kab.Tuban JATIM INDONESIA PASANG IKLAN HP / WA 081252294464 085608677566

Tinggalkan Balasan