Indonesia Bertahan di Posisi ke-173 sejak 2019 lantaran Tidak Pernah Menggelar Pertandingan FIFA

0
63

Suararonggolawe.com – Indonesia makin tertinggal dari Thailand dan Vietnam dalam peringkat FIFA terbaru yang dirilis pada Kamis (7/4).

Rilis tersebut merupakan pembaruan dari ranking FIFA sebelumnya yang dikeluarkan pada 18 Februari 2021. Pada pengumuman April ini, Indonesia stagnan di peringkat ke-173 dunia atau ke-35 di Asia.

Sementara itu, Thailand yang selama ini dianggap sebagai pesaing utama Indonesia di Asia Tenggara melesat dengan naik empat peringkat ke posisi 106 dalam rangking FIFA terbaru.

Naiknya Vietnam dan Thailand itu dipengaruhi karena penurunan peringkat sejumlah tim-tim Eropa yang melakoni Kualifikasi Piala Dunia pada periode Maret.

Pasalnya, pandemi Covid-19 membuat tim-tim asal Asia kesulitan menggelar pertandingan FIFA matchday. Thailand naik empat peringkat karena ‘tertolong’ performa buruk Azerbaijan dan Kepulauan Faroe di Kualifikasi Piala Dunia.

Azerbaijan yang semula di peringkat 108 menelan dua kekalahan dan satu kali imbang sementara Kepulauan Faroe (sebelumnya di 107) dua kali kalah di kualifikasi dan sekali kalah dari Qatar (1-2) dalam laga persahabatan.

Sedangkan Vietnam naik satu peringkat setelah Libanon menelan satu kekalahan (0-1) dari Yordania dan imbang 1-1 dengan Kuwait dalam laga persahabatan.

Sementara itu, Indonesia bertahan di posisi ke-173 sejak 2019 lantaran tidak pernah menggelar pertandingan FIFA matchday. Selain itu, Indonesia tidak memiliki rival dengan peringkat yang lebih baik yang meraih hasil buruk di FIFA matchday.

Selain di tinggal Vietnam dan Thailand, posisi Indonesia dalam ranking FIFA juga masih di bawah Filipina (125), Myanmar (139), Malaysia (153), serta Singapura (159).

Banner Video Highlights MotoGP 2021
Dalam persaingan di wilayah Asia Tenggara, Indonesia hanya unggul atas Kamboja (174), Laos (185), Brunei Darussalam (189), dan Timor Leste (196).

Editor : Agus P
Sumber : CNN

Tinggalkan Balasan