Gerakan Sego Segawe Reborn dan Jogja Lebih Bike

Suararonggolawe.com – Pemerintah Kota Yogyakarta terus menggalakkan kampanye bersepeda, salah satunya dengan menggandeng gerakan Sego Segawe Reborn dan Jogja Lebih Bike.

Pada Sabtu (12/6/2021) pagi, kedua komunitas tersebut menggelar kegiatan bersepeda bersama dan menanam pohon di kompleks Candi Prambanan, Sleman.

Acara bersepeda dan menanam pohon tersebut untuk memperingati Hari Sepeda Sedunia pada 3 Juni dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni.

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi pun ikut dalam kegiatan tersebut. Menurutnya selain untuk menjaga kesehatan masyarakat, penggunaan sepeda juga diharapkan bisa mengurangi polusi udara.

“Aktivitas bersepeda juga diharapkan bisa meningkatkan kualitas udara di Yogyakarta. Sebab, apabila jumlah masyarakat yang bersepeda makin banyak, penggunaan kendaraan bermotor di Yogyakarta diharapkan bisa dikurangi sehingga polusi udara juga dapat ditekan,” ujarnya di lokasi.

Namun, lanjutnya, agar kampanye bersepeda bisa berhasil, seluruh lapisan masyarakat harus terlibat dengan memberikan contoh.

“Bersepeda secara rutin tak hanya menjadikan tubuh menjadi bugar tapi juga menjadi salah satu upaya untuk merawat bumi agar generasi mendatang bisa menghirup udara yang lebih bersih,” bebernya.

Wawali berharap gerakan ini dapat menumbuhkan kebiasaan masyarakat untuk menggunakan moda transportasi sepeda dalam keseharian.

“Dengan ini juga jadi bagian kita upaya kita untuk menurunkan emisi gas yang ada di Kota Yogya. Terlebih Kota Yogya termasuk agak menurun emisi gasnya di masa pandemi ini. Dengan bersepeda juga membangun lingkungan kota yang lebih sehat,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Pelaksana Sego Segawe Reborn Herman Doddy menuturkan, selama pandemi Covid-19, masyarakat yang hobi bersepeda meningkat drastis. Fenomena itu tentu harus disambut baik karena bersepeda memiliki banyak manfaat.

Namun, Herman berharap, bersepeda tidak hanya menjadi sekedar hobi saat akhir pekan atau hari libur. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan menggunakan sepeda untuk kegiatan sehari-hari, misalnya pergi ke kantor.

Dalam acara tersebut, Herman bersama para peserta kegiatan juga membacakan Deklarasi Koalisi Sepeda Hijau “,ungkapya

Jurnalis : Budiyono / Yasin

SuaraRonggolawe.com

AGUS PURNAMA Pimred Suararonggolawe.com PT.DJAYA MANDIRI PLOES SK MENKUMHAM AHU – 0069.9350.AH.01.01.TH.2020. Jln cicem Lama Perempatan Desa Ngadipuro Kec.Widang Kab.Tuban JATIM INDONESIA PASANG IKLAN HP / WA 081252294464 085608677566

Tinggalkan Balasan