Gempa Bumi Yang Terjadi Pada 55 km Barat Daya Gunungkidul

SUARARONGGOLAWE.COM – Gunungkidul. Gempa bumi yang terjadi pada 55 km barat daya Gunungkidul dengan magnitude 5.3 SR berada pada kedalaman 48 km pukul 05.15 WIB mengagetkan masyarakat Gunungkidul.

Pantauan Sinar Alam Pos getaran yang cukup keras dirasakan warga Gunungkidul juga terasa hingga wilayah Bantul berada pada III-IV MMI, Sleman, Yogyakarta,Klaten,Solo,Cilacap,Kebumen, Banjarnegara,Malang,pada II-III MMI,Purworejo Trenggalek, Tulungagung,Blitar,Nganjuk berada pada III MMI tidak berpotensi untuk menimbulkan tsunami.

Dari keterangan BMKG dilihat gempa bumi ini terjadi akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang memiliki mekanisme pergerakan sesar naik mendatar (oblique thrust Dault).

Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.Hindari bangunan yang retak atau rusak,selalu pastikan kondisi bangunan tempat tinggal.

Sampai dengan berita ini diturunkan belum terpantau kerusakan yang yang fatal, warga hanya merasakan getaran yang cukup keras membuat lampu, dan beberapa perabotan bergoyang.

Seperti dituturkan Ria warga Maguwoharjo pada Sinar Alam Pos, getaran gempa yang terjadi pagi ini cukup terasa”, Ugkapya.

Jurnalis : Budiyono

SuaraRonggolawe.com

AGUS PURNAMA Pimred Suararonggolawe.com PT.DJAYA MANDIRI PLOES SK MENKUMHAM AHU – 0069.9350.AH.01.01.TH.2020. Jln cicem Lama Perempatan Desa Ngadipuro Kec.Widang Kab.Tuban JATIM INDONESIA PASANG IKLAN HP / WA 081252294464 085608677566

Tinggalkan Balasan