Erzaldi Rosman Menyampaikan Seleksi Penerimaan CPNS Lingkungan Pemerintah Provinsi Babel

0
12

Suararonggolawe.com – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman menyampaikan Seleksi Penerimaan CPNS di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung fair.

“Saya pastikan ini sangat-sangat fair, tidak ada yang atur mengatur,” tegasnya dihadapan peserta SKD CPNS saat dirinya meninjau Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) peserta CPNS yang bertempat di Ruang CAT Lt.4 Kantor Gubernur Babel, Kamis (16/9/2021).

Sebagaimana diketahui, ada sebanyak 1.484 peserta yang dinyatakan lulus seleksi Administrasi CASN yang diumumkan melalui Pengumuman Nomor 800/2033/BKPSDMD/2021, tanggal 2 Agustus 2021 tentang Hasil Seleksi Administrasi Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2021. Peserta inilah yang kemudian berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang dimulai pada 14 -20 September 2021 mendatang.

Pelaksanaan SKD akan dilaksanakan setiap hari Senin-Jumat dan dibagi menjadi 4 sesi (kecuali Hari Jumat hanya 2 sesi). Setiap sesi diikuti oleh 50 peserta. Peserta akan mengerjakan 110 soal dengan batas waktu 100 menit.

Didampingi Kepala Dinas BKPSDMD Babel, Susanti, bersama Kepala Kantor Regional (Kakanreg) 7 BKN, Margi Prayitno, Gubernur Erzaldi menyempatkan diri untuk mengucapkan selamat dan memberi motivasi kepada peserta SKD hari ini.

“Selamat anda di sini karena sudah lulus seleksi administrasi. Kesempatan ini memang tidak sekali karena masih ada kesempatan lain lagi, tetapi nanti pasti tantangannya lebih besar. Jadi, tolong manfaatkan kesempatan ini, jangan sampai tidak ada upaya. Berusahalah semaksimal mungkin,” ujarnya.

Selain usaha, dirinya juga mengingatkan peserta untuk tidak lupa berdoa kepada Allah SWT dan meminta restu dari orang tua.

“Usaha tanpa doa akan sia-sia, bagi yang belum meminta restu dari orang tua, suami atau istri, teleponlah sekarang agar apa yang dilakukan saat ini menjadi yang terbaik,” ungkapnya terus memotivasi peserta sebelum memasuki Ruang CAT.

Pada kesempatan ini, Gubernur Erzaldi juga terus memotivasi peserta yang mengaku sudah beberapa kali mencoba mengikuti tes CPNS namun belum berhasil.

“Apapun nanti hasilnya, itulah yang terbaik, jika menurut kita baik belum tentu terbaik bagi Allah. Namun, kita harus tetap berusaha jangan pasrah,” ujarnya.

Orang nomor satu di Babel ini berharap semua peserta tidak tegang saat mengikuti tes.

“Selamat berjuang, jangan tegang dan mudah-mudahan kalian sukses,” pungkasnya.

Adapun prosedur pelaksanaan SKD dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Setiap peserta yang akan mengikuti seleksi harus melalui sejumlah prosedur. Memasuki lobby Kantor Gubernur, para peserta harus mencuci tangan terlebih dahulu. Kemudian, para peserta naik ke lantai 4 melalui tangga. Penggunaan lift diutamakan bagi yang merasa terkendala menaiki tangga, seperti ibu hamil dan lain sebagainya.

Sampai di lantai 4, para peserta akan dilakukan pengecekan suhu. Bagi mereka yang memiliki suhu tubuh 37,3 ke atas, akan menjalani ujian di ruang terpisah.

Selanjutnya, para peserta memasuki ruang tunggu, tempat dimana mereka akan mendapatkan pengarahan dari panitia. Tahapan memasuki ruang tunggu, yakni mengisi daftar hadir secara manual, cek KTP dan kartu ujian, serta Kartu Deklarasi Sehat.

Kemudian, para peserta akan dilakukan validasi hasil negatif tes swab antigen atau PCR. Terakhir, para peserta melakukan registrasi pin sesi peserta dan face recognition.

Berdasarkan jumlah absensi, peserta yang hadir pada sesi pertama hari ini adalah sejumlah 47 orang.

Pewarta : Rusrianto / Red / SR

Tinggalkan Balasan