Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban menggelar Pertemuan Koordinasi

0
21

Suararonggolawe.com – Tuban,Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban menggelar Pertemuan Koordinasi Monitoring dan Evaluasi Kesehatan Indera di Kabupaten Tuban, Selasa (21/09) di Gedung Korpri.

Kesehatan indera sendiri masuk di dalam Standar Pelayanan Minimal (SPM) Dinkes. Oleh karena itu, pemeriksaan kesehatan produktif, termasuk indera menjadi salah satu program prioritas.

Ada 33 Puskesmas yang masing-masing mengirimkan satu orang programer inderanya, untuk hadir menjadi peserta dalam kegiatan tersebut.

Kasi PTM dan Keswa pada Dinkes KabupatenTuban, Fatkur Rahman, saat dikonfirmasi mengatakan, kegiatan tersebut merupakan upaya dalam penguatan petugas, karena output dari semua program harus dilaporkan menggunakan aplikasi SIPTM.

“Bulan depan akan diperiksa untuk melakukan evaluasi kembali, apakah aplikasi sudah diisi atau belum. Jika belum diisi, maka akan diberikan pendampingan,’’ tuturnya.

Fatkhur menambahkan, Pemkab Tuban melalui Dinkes sudah memiliki banyak inovasi terkait capaian kegiatan dan lain sebagainya. Namun, banyak terhenti karena pandemi. Para kader dan juga program kerja harus di-refresh kembali.

“Sejauh ini para kader atau programer mata juga sudah melakukan kegiatan, akan tetapi masih perlu komitmen yang lebih kuat dalam pencatatan dan pelaporan dari setiap kegiatannya,’’ jelasnya.

Selain itu, kata Fatkhur, adanya kegiatan ini juga diharapkan bisa terintegrasi dengan penurunan kasus katarak atau penyakit lain, seperti gangguan pendengaran.

Sementara itu, Programer Indera Dinkes Provinsi Jatim, Nina Widyasari, saat dikonfirmasi mengatakan, dalam hal ini pemerintah sangat butuh data yang valid, sehingga data di tingkat kecamatan bisa lebih dipantau dan dilaporkan secara berkala oleh programmer.

“Adanya kader indera juga bisa diperbantukan untuk mengelola data, agar bisa dimanfaatkan jika ada kegiatan, seperti baksos dan yang lain. Karena itu, pendataan dan pelaporan tersebut sangat penting dan sangat berguna,’’ terangnya.

Pewarta : Andrin / Red / SR

Tinggalkan Balasan