Dianggarkan Rp 11,6 Miliar, Wajah Sidoarjo Bakal Makin Terang

0
12

Suararonggolawe.com – Pemkab Sidoarjo tengah berkejaran dengan waktu untuk menuntaskan pembangunan sejumlah ruas jalan. Saat ini, total ada sebanyak 35 paket perbaikan jalan. Baik pemasangan beton maupun penambahan lapisan aspal. Targetnya, seluruh paket perbaikan itu bisa rampung akhir tahun ini.

Pekerjaan perbaikan infrastruktur jalan terus dilakukan. Ruas Jalan Gedangan–Betro, misalnya. Akses tersebut berada di antara Jalan Wedi, Jalan Raya Sedati, hingga Jalan Raya Betro. Panjangnya sekitar 1 kilometer. Anggaran peningkatan jalan di sana mencapai Rp 8 miliar.

Sampai selasa (12/10) petugas masih memasang sheet pile sebelum betonisasi. ”Agar lebar jalan dapat dimaksimalkan,” ujar Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) Sidoarjo Sigit Setyawan.

Dianggarkan Rp 11,6 Miliar, Wajah Sidoarjo Bakal Makin Terang
Sigit menyatakan, akhir tahun semua perbaikan itu tuntas. Meski, hingga kini masih ada jalan yang rusak. Misalnya, sebagian sisi jalan di Jalan Industri, Kecamatan Buduran. Sebagian jalan yang rusak akan ditangani dengan peningkatan jalan dalam anggaran 2022.

Untuk ruas jalan yang tidak tertangani dengan peningkatan jalan, DPUBMSDA akan melakukan pemeliharaan jalan pada APBD Perubahan.

”Sebagian ruas jalan yang akan ditangani tersebut sudah disurvei dan dalam pembuatan gambar dan rencana anggaran biaya (RAB),” katanya.

Pelaksanaannya menunggu dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) APBD Perubahan 2021 diterbitkan. Dengan begitu, jalan-jalan rusak di Kota Delta lebih terpetakan dan bisa segera diperbaiki. Termasuk perbaikan Jalan Raya Kemangsen. Bulan ini struktur bawah Jalan Raya Kemangsen diperbaiki. Perbaikan dilakukan pada titik yang rusak sepanjang 50 meter dengan lebar 7 meter.

”Tahun depan pengerjaan dalam satu paket peningkatan jalan sekaligus besar,” ungkap Sigit.

Misalnya, langsung dikerjakan sepanjang 5 kilometer. Tidak kisaran 1 kilometer seperti tahun ini. Sebab, jika hanya setengah-setengah, masih tersisa jalan yang rusak. Contohnya, di Jalan Sukolegok. Jalan itu rusak sekitar 2,5 meter. Namun, tahun ini jalan tersebut hanya dibeton sepanjang 400 meter di sana dan sisanya dilanjutkan tahun depan.

Pewarta : Dani / Red / SR

Tinggalkan Balasan