CALON KEPALA DESA TEPUS GUNUNG KIDUL 2021

SUARARONGGOLAWE.COM – HENDRO PRATOPO Desa Tepus Kecamatan Tepus Kabupaten Gunung Kidul ( DIY ) Daerah istimewa Yogyakarta yang akan Mencalonkan Pilkades Pilihan Kepala Desa 2021 – 2027 Semoga niat Baik beliau di Kabulkan untuk menjadi Pemimpin desa yang ber amanah Mawadah warohmah.

Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa 2021 secara serentak di 58 desa pada Oktober.

“Saat ini, kami sedang menyusun tahapan pelaksanaan pilkades serentak pada bulan Oktober,” kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPMD) Gunung Kidul.

Untuk tahapan pelaksanaan pilkades ini, pemkab bersama-sama dengan anggota DPRD Kabupaten Gunung Kidul telah mengesahkan Perda Nomor 7 Tahun 2020 tentang Lurah. Aturan ini juga sudah dibuatkan peraturan bupati sebagai petunjuk teknis di dalam pelaksanaan.

Meski pelaksanaan pemilikan pada bulan Oktober mendatang, pihaknya akan melakukan sosialisasi pilihan kepala desa mulai akhir bulan ini.

“Untuk tanggal pencoblosan, akan menyusul,” katanya.

Farkhan mengatakan bahwa pihaknya mengalokasikan anggaran Rp3,3 miliar melalui APBD kabupaten dalam penyelenggaraan pilkades serentak ini. Rencananya dana ini diberikan dalam bantuan keuangan khusus untuk menyukseskan penyelenggaraan pilkades di 58 desa.

“Alokasi dana desa bentuknya bantuan keuangan khusus karena desa sudah memiliki alokasi dana desa (ADD) dan dana desa,” katanya.

Terkait dengan pelaksanaan pilkades secara e-voting, Farkhhan mengatakan bahwa cara tersebut belum bisa pada tahun ini. Hal ini dikarenakan kondisi kemampuan keuangan, jaringan internet daerah belum menjangkau di seluruh desa, sumber daya manusia terbatas, dan masyarakat di pedesaan belum mampu menggunakan android.

“Belum jadi karena terkendala anggaran dan sarana/prasarana pendukung untuk pelaksanaan pemilihan elektronik,” katanya.

Sementara itu, Ketua Komisi A DPRD Gunung Kidul Ery Agustin S. mengatakan bahwa pihaknya bisa menerima apabila e-voting belum bisa diterapkan dalam penyelenggaraan pilihan lurah pada tahun ini.

“Pelaksanaan e-voting membutuhkan persiapan yang lebih khususnya terkait dengan sarana pendukung,” katanya

JURNALIS : MBH SHOLIKIN / RED / SR

SuaraRonggolawe.com

AGUS PURNAMA Pimred Suararonggolawe.com PT.DJAYA MANDIRI PLOES SK MENKUMHAM AHU – 0069.9350.AH.01.01.TH.2020. Jln cicem Lama Perempatan Desa Ngadipuro Kec.Widang Kab.Tuban JATIM INDONESIA PASANG IKLAN HP / WA 081252294464 085608677566

Tinggalkan Balasan