Bupati Tuban Mengucapkan Terimakasih Kepada TNI, Khususnya Angkatan Darat Kodim 0811 Tuban

0
14

Suararonggolawe.com – Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, SE mengucapkan terimakasih kepada TNI, khususnya angkatan darat Kodim 0811 Tuban, atas sinergi yang terbangun sangat baik antara Pemkab dengan Kodim 0811 Tuban dalam membantu percepatan program pembangunan di Kabupaten Tuban.

Hal tersebut disampaikan Mas Bupati usai mengikuti Upacara Peringatan HUT ke-76 TNI langsung dari Istana Merdeka Jakarta secara virtual, bersama Forkopimda lainnya, di Makodim 0811 Tuban, Selasa (06/10).

Mas Bupati mengatakan, kekompakan dan kolaborasi antara Pemkab dengan TNI terjalin dengan sangat baik. Ia berharap, sinergi tersebut terus tercipta, agar permasalahan yang ada di Kabupaten Tuban bisa cepat diselesaikan bersama.

“Saya ucapkan terimasih kepada Kodim 0811 Tuban khususnya untuk Bang Romadhon selaku Dandim 0811 Tuban, juga para anggota atas sinergi dan kekompakan yang terjalin selama ini,” tutur Bupati Lindra.

Mas Bupati menyebutkan, telah banyak program serta inovasi yang dilakukan Kodim 0811 Tuban untuk membantu Pemkab dalam pembangunan di bidang pendidikan, linkungan, hingga penanganan Covid-19 lewat percepatan vaksinasi. Data pendidikan yang diberikan Kodim 0811 akan sangat membantu Pemkab dalam menentukan program strategis demi peningkatan IPM. Selain itu, program tungku pembakar sampah, penanaman pohon, hingga pengerahan Babinsa dalam mendukung program percepatan vaksinasi di desa- desa.

“Sinergi ke depan akan terus diperkuat, agenda pemerintahan selalu menggandeng Forkopimda,” ujar Mas Bupati.

Pada kesempatan ini Mas Lindra juga mengungkapkan bahwa pencapaian vaksinasi di Tuban masih termasuk rendah akibat penyaluran vaksin dari pusat masih berfokus untuk daerah aglomerasi, di mana Tuban tidak termasuk. “Meskipun jatah vaksin dari pusat terbatas, kami selalu habiskan jika tersedia,” ungkap Mas Lindra.

Strategi percepatan juga dilakukan, dengan selalu melibatkan Babinsa dan Babinkamtibmas untuk melakukan pengawalan percepatan, hingga target satu bidan desa harus menyuntik 100 hingga 200 orang per hari. “Upaya tersebut terus kami lakukan setiap kali vaksin tersedia,” kata Mas Lindra.

Sementara itu, Dandim 0811 Tuban Letkol Inf. Villiala Romadhon mengungkapkan, tema HUT ke-76 TNI adalah Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang. Dalam hal ini khususnya adalah menghadapi Covid-19. “Dibantu Pemkab dan juga Polri serta dinas terkait TNI tidak bisa sendiri,” kata Dandim.

Dandim juga menyebutkan, permasalahan pokok yang ada di Kabupaten Tuban yaitu Covid-19, dalam hal ini adalah percepatan vaksinasi. Selain itu, adalah pemulihan ekonomi akibat pandemi, hingga ancaman bencana hidrometeorologi.

“Banyak program yang kami lakukan, seperti satu koramil harus memiliki satu program unggulan. Penanganan ekonomi melalui pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan keterampilan,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Dandim kebencanaan hidrometeorologi diatasi dengan program penghijauan. Saat ini, Kodim 0811 telah bekerjasama dengan Perhutani untuk melakukan percepatan penanaman pohon, dengan jenis pohon fast growing.

“Pohon yang ditanam jenis fast growing yang 8 bulan sudah tumbuh 3 meter,” jelas Dandim. Pehutani pun telah menyiapkan seluas 130 hektare lahan untuk membantu percepatan reboisasi, di mana 80 hektare di antaranya sudah ditanami. Total, sampai saat ini Kodim 0811 Tuban telah menanam pohon seluas 120 hektare,” jelasnya.

Dandim menegaskan, penanganan bencana hidrometeorologi adalah dengan melakukan reboisasi. “Pemanasan global yang terjadi di dunia saat ini solusi utamanya adalah penghijauan, dan ini tidak bisa ditawar lagi,” pungkasnya.

Pewarta : ipenk / Red / SR

Tinggalkan Balasan