BNNK Tuban Menggelar Sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika

0
15

Suararonggolawe.com – Tuban,Maraknya peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Tanah Air, membuat berbagai pihak prihatin. Untuk memberantasnya, salah satu BUMN di Tuban, PT. Semen Indonesia (Persero) tbk (SIG) mengajak BNNK Tuban menggelar Sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika(P4GN) di Kabupaten Tuban, Selasa (12/10).

Kegiatan sosialisasi tersebut dipusatkan di Kantor Kecamatan Merakurak, Tuban. Mengingat masih masa pandemi Covid-19, kegiatan yang dihadiri Forkopimcam, tokoh masyarakat dan warga tersebut menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Dalam paparannya, Kepala BNNK Tuban, AKBP I Made Arjana menjelaskan, kegiatan sosialisasi ini sangat penting karena Kabupaten Tuban menjadi kota industri yang potensial atau punya peluang yang terbuka untuk dijadikan lahan yang subur bagi para pengedar narkoba.

“Oleh karena itu, kami berikan sosialisasi untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan atau peredaran narkoba,’’ dalihnya.

Lebih jauh Made menjelaskan, pihaknya juga mengingatkan kepada masyarakat untuk lebih jeli dan waspada terhadap keluarga atau lingkungannya yang kecanduan narkoba untuk segera lapor aparat.

“Laporkan saja ke kami (BNNK,red) jika ada keluarganya yang pakai narkoba. Orang yang bersangkutan (pecandu) tidak akan dihukum. Justru akan direhabilitasi,’’ tuturnya.

Sementara itu, General Manager of CSR SIG, Edy Saraya menjelaskan, kegiatan sosialisasi ini menjadi program wajib dan bentuk komitmen SIG dalam upaya mencegah dan penyalahgunaan narkotika. Selama ini, kata Edy, belum ada karyawan SIG yang terlibat langsung dalam penyalahgunaan atau peredaran nakorba.

“Kami lebih berupaya melakukan tindakan preventif di internal karyawan. Hingga kini belum ada karyawan yang terlibat atau direhabilitasi. Tetapi, kalau ada akan kami beri sanksi tegas sesuai aturan kepegawaian,’’ tukasnya.

Ia berharap kepada peserta yang hadir untuk bisa menjadi duta anti-narkoba di wilayahnya masing-masing. “Paling tidak para peserta bisa memberikan sosialisasi kepada masyarakat apa yang telah disampaikan oleh BNNK Tuban

Pewarta : Agus / Red / SR

Tinggalkan Balasan