Bandara Halim Kusuma AKan Di Bukak Senin Besok

Suararonggolawe.com –  Bandara Halim Perdanakusuma akan kembali melayani penerbangan niaga berjadwal mulai Senin (22/3) besok. Sebelumnya, bandara tersebut sempat ditutup usai pesawat kargo Trigana Air Boeing 737-500 tergelincir pada akhir pekan lalu.
“Besok, Senin 22 Maret 2021, Bandara Halim Perdanakusuma sudah dibuka kembali untuk penerbangan niaga berjadwal,” ujar VP of Corporate Communication PT Angkasa Pura II (Persero) Yado Yarismano dalam keterangan resmi.

Yado mengungkapkan pesawat kargo Trigana Air nomor registrasi PK-YSF yang keluar landasan (excursion) di Bandara Halim Perdanakusuma sudah berhasil dievakuasi ke hanggar.

Proses evakuasi atau pemindahan pesawat tuntas dilakukan sekitar pukul 15.45 WIB, untuk kemudian dilakukan pembersihan runway dari serpihan benda asing (foreign object debris/FOD).

Proses pemindahan pesawat dilakukan oleh tim Rescue and Fire Fighting Services (RFFS) Bandara Halim Perdanakusuma, tim RFFS Bandara Soekarno-Hatta, serta didukung oleh Tim Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma.

Akibat kejadian itu, seluruh penerbangan niaga berjadwal (keberangkatan dan kedatangan) di Bandara Halim Perdanakusuma hari ini dipindahkan ke Bandara Soekarno-Hatta.

Saat ini, perseroan mengaktifkan SOP Multi-airport System di 4 bandara yakni Soekarno-Hatta (Tangerang), Halim Perdanakusuma (Jakarta), BIJB (Kertajati) dan Husein Sastranengara (Bandung).

“Keempat bandara beroperasi saling mendukung. Dalam hal ini, ketika Halim Perdanakusuma ditutup untuk penerbangan sipil, maka Soekarno-Hatta mendukung dengan melayani penerbangan yang dialihkan dari Halim Perdanakusuma. Sementara, BIJB dan Husein Sastranegara dalam posisi siaga,” ujarnya.

Sebagai informasi, pesawat kargo Trigana Air Boeing 737-500 tergelincir hingga keluar landasan saat mendarat sekitar pukul 11.26 WIB, di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (20/3).

Pesawat Trigana Air berisi 2 pilot, 1 teknisi, dan 1 FOO (flight operation officer). Pesawat tergelincir setelah melakukan prosedur return to base atau kembali ke bandara asal keberangkatan.

Secara tatal, penerbangan yang dialihkan dari Bandara Halim Perdanakusuma ke Bandara Soekarno-Hatta sebanyak 49 penerbangan terdiri dari 22 keberangkatan (10 keberangkatan Citilink, 12 keberangkatan Batik Air) dan 27 kedatangan (10 kedatangan Citilink dan 17 kedatangan Batik Air

Editor : Agus P
Sumber : CNN

SuaraRonggolawe.com

AGUS PURNAMA Pimred Suararonggolawe.com PT.DJAYA MANDIRI PLOES SK MENKUMHAM AHU – 0069.9350.AH.01.01.TH.2020. Jln cicem Lama Perempatan Desa Ngadipuro Kec.Widang Kab.Tuban JATIM INDONESIA PASANG IKLAN HP / WA 081252294464 085608677566

Tinggalkan Balasan